25 Jan 2010


Bagaimana respon Anda jika mendengar "Facebook Tidak Gratis Lagi"?? Anda tentu akan kaget dan langsung menolaknya bukan? Saya pun juga kaget setelah membaca berita yang diposting oleh Inilah.Com dengan title "Facebookan Mulai Juli Tidak Gratis Lagi". Disana dijelaskan Facebook berencana akan menarik bayaran pada penggunanya sebesar US$14,99 (Rp 140 ribu) per bulan. Penarikan biaya ini direncanakan akan mulai dilakukan Juli 2010 ini.


Hal ini dimungkinkan terjadi karena mengingat popularitas Facebook yang terus meroket dan telah menggeser Friendster sebagai situs jejaring sosial terbesar di jagad ini. Kemungkinan owner dari Facebook ini, Mark Zuckerberg telah mendapat banyak tawaran dari orang-orang yang ingin membeli facebook yang mungkin ingin menjadikan Facebook sebagai situs berbayar.

Bagaimana reaksi Anda? Histeris kah? Berteriak kah? Demo besar-besaran kah? Frustasi kah? hehe lebay..

Berbagai macam reaksi muncul dari berbagai pengguna facebook (Facebookers). Salah satu yang disebutkan di Inilah.Com yaitu sebuah grup di facebook bernama "Kami tidak akan membayar untuk menggunakan Facebook - kami keluar jika hal ini terjadi", grup ini telah menjaring lebih dari 140.000 anggota dan akan menargetkan untuk terus menambah anggotanya sampai 300.00 anggota.

Ada sebuah kelompok manifesto yang mengatakan, "Mari kita terus bersama-sama dan biarkan mereka tahu bahwa kita akan meninggalkan Facebook jika mereka memutuskan untuk menarik bayaran," Bagaimana dengan Anda?


Saat ini ada sekitar 254 Grup yang intinya bernama "Kami tidak akan membayar untuk menggunakan Facebook - kami keluar jika hal ini terjadi", dan yang paling banyak adalah grup bernama

"We Will Not Pay To Use Facebook. We Are Gone If This Happens ►► INVITE ALL!"

Grup ini sekarang telah menjaring 40.630 anggota dan akan terus bertambah. Pernyataan group tersebut adalah "Ini adalah sebuah petisi untuk menghentikan Facebook dari biaya US$ 14,99 per bulan mulai bulan Juli 2010 “. "Mari kita terus bersama-sama dan biarkan mereka tahu bahwa kita akan meninggalkan Facebook jika mereka memutuskan untuk menarik bayaran,"
 
Bagaimana tanggapan dari Facebook sendiri?



Facebook sendiri menyangkal keras klaim itu (Alhamdulillah wajib terlontar oleh FACEBOOKER). Seorang juru bicara perusahaan mengatakan: "Kami tidak punya rencana untuk menarik bayaran pada pengguna Facebook untuk layanan dasar. Facebook adalah layanan gratis bagi 350 juta pengguna. "

Rumor tentang Facebook tak gratis lagi itu tampaknya datang dari email hoax yang beredar di situs



MEMANG SANGAT SULIT MEMBUAT SITUS JEJARING SOSIAL MENJADI SITUS YANG BERBAYAR, ITU DISEBABKAN MENJAMURNYA JEJARING SOSIAL LAIN YANG TERUS MENAMPAKKAN TARINGNYA SEMISAL PLURK, TWITTER, DAN FRIENDSTER JUGA YANG MULAI BANGKIT, SUATU KENISCAYAAN JIKA FACEBOOK AKAN DITINGGAL OLEH PENGGEMARNYA JIKA LAYANAN TIDAK GRATIS LAGI.

Sumber : Alepati